12 Cara Pencarian Google Lebih Efektif

Tanda Kutip (")
Gunakan tanda kutip untuk mencari satu kalimat. Misalnya: "daftar kota di Amerika" ; Google akan menampilkan semua situs yang memuat kalimat daftar kota di Amerika.
Contoh lain: daftar "negara di Amerika" ; Google akan menampilkan halaman yang memiliki kata daftar dan kalimat negara di Amerika.

Tanda Gelombang (~)
Jika anda ingin mencari kata-kata yang mirip gunakan tanda ini. Misalnya: ~kota di Amerika ; Google akan menampilkan situs yang memuat kata-kata 'kota di Amerika' atau 'county di Amerika' atau 'state di Amerika'.

Kata 'Define'
Butuh definisi tentang sesuatu? Masukkan kata define: love dan biarkan google mencarinya. :)

Tanda Bintang (*)
(*) adalah tanda yang sangat membantu saat melakukan pencarian melalui Google. Misalnya anda ingin mencari judul lagu dari sebuah lirik yang tidak lengkap, cukup masukkan kata-kata: we * love dan Google akan menampilkan semua website yang mengandung kata-kata we dan love, serta kata-kata pengganti tanda bintang seperti got, found, dan sebagainya.

Tambah Kurang Bagi Kali
Benar sekali! Masukkan hitungan yang sedang anda cari di Google dan anda akan mendapatkan hasil perhitungannya lebih cepat daripada membuka kalkulator di komputer anda. :)

File Type
Gunakan filetype: saat anda ingin mencari dokumen dengan format tertentu.

Kata 'Movie'
Dengan mengetik movie: di kotak pencarian Google, anda akan menemukan film apa saja yang di tayangkan di daerah yang anda cari. Bahkan, anda bisa mendapatkan daftar semua film!

Kata 'Music'
Sudah bisa ditebak, kata kunci ini hanya untuk mencari halaman yang isinya berhubungan dengan musik.

Tanda Kurang (-)
Digunakan apabila anda ingin mencari situs yang TIDAK memiliki kata/kalimat tertentu di dalamnya.

Tanda Titik (.)
Mungkin tanda titik tidak memiliki arti apabila hanya digunakan sekali dalam pencarian. Mungkin Google akan mendeteksi pencarian anda sebagai pencarian situs. Tapi, tahukah anda bahwa menggunakan tanda titik sebanyak dua kali berarti anda ingin mencari sebuah data dari awal sampai waktu yang ditentukan? Misalnya anda mengetik film-film yang diproduksi tahun 2003..2008 ; maka Google akan menampilkan film-film yang diproduksi sejak tahun 2003 hingga 2008.

Spesifikasi
Pernah tidak melirik ke sebelah kiri hasil pencarian? Melihat kata-kata 'Gambar', 'Berita', 'Aplikasi', atau 'Lainnya'? Daripada memasukkan semua kata kunci pencarian, sebaiknya masukkan saja, misalnya, Angry Bird dan klik 'Aplikasi' untuk menampilkan semua halaman yang berhubungan dengan aplikasi Angry Bird.

Advanced Search
Pada akhirnya, jangan pernah lupakan Google's advance search.
×

© KTSP SMART SYSTEM. All rights reserved.

Designed by Way2themes