+ 17 Negara Terkecil Di Dunia. Must Know!

17. Palau Republic

Republik Palau (juga dieja sebagai Belau) dengan luas negara 458 km² adalah sebuah negara kepulauan di Samudra Pasifik, 200 km sebelah utara Papua Barat, 255 km sebelah timur Maluku Utara, 500 km sebelah timur Sulawesi Utara dan 500 km sebelah timur Filipina. Negara ini merdeka pada tahun 1994 dari Wilayah Perwalian Kepulauan Pasifik yang diperintah Amerika Serikat. Palau terdiri dari 8 pulau utama dan sedikitnya 250 pulau kecil.
Ibu Kota : Malekeok
Bahasa : palau/inggris
Mata Uang : Dolar AS
Jumlah Penduduk : 20.164 jiwa

16.Andorra

Kepangeranan Andorra dengan luas wilayah 468 km²adalah sebuah kepangeranan kecil yang terletak di Eropa bagian barat daya, di timur bantaran Sungai Pirenea dan berbatasan dengan Perancis dan Spanyol. Negara mewah ini terkenal dengan sektor pariwisata dan status bebas cukai. Andorra merupakan sebagian dari negara-negara Katalan.
Ibu Kota : Andorra la Vella
Bahasa : Katalan
Mata Uang : Euro (EUR)
Jumlah Penduduk : 280.228 jiwa

15.Antigua & Barbuda

Antigua dan Barbuda adalah sebuah negara kepulauan yang luasnya
443 km² yang terletak di Laut Karibia bagian timur. Kepulauan ini adalah bagian dari Kepulauan Antilles Kecil dan berbatasan dengan Guadeloupe di sebelah selatan, Montserrat di barat daya, Saint Kitts dan Nevis di barat, dan Saint Barthélemy di barat laut.
Ibu Kota : Saint John's
Bahasa : Inggris
Mata Uang : Dolar Karibia Timur (XCD)
Jumlah Penduduk : 75.741 jiwa

14.Barbados

Barbados adalah sebuah negara kepulauan dgn luas 431 km² yang terletak di perbatasan Laut Karibia dan Samudra Atlantik. Merangkum satu dari gugusan pulau-pulau Antilles Kecil, Barbados terletak di bagian timur gugusan tersebut.
Barbados masyhur dengan industri pariwisatanya dan dikenal sebagai Little England atau 'Inggris Kecil' kepulauan Karibia. Ini dikarenakan pengaruh Inggris yang kuat di pulau ini. Pulau Barbados terletak 2.585 km sebelah tenggara Miami, Amerika Serikat dan 860 km dari Caracas, Venezuela.
Ibu Kota : Bridgetown
Bahasa : Inggris
Mata Uang : Dolar (BBD)
Jumlah Penduduk : 279.000 jiwa

13.Saint Vincent and the Grenadines

Saint Vincent dan Grenadines dengan luas 389 km² merupakan negara kepulauan yang tak luput dari dominasi bangsa Eropa. Wilayah ini ditemukan oleh Christopher Columbus pada 1498. Beberapa waktu silam dia menjadi daerah yang diperebutkan Britania Raya yang masih lebih unggul dan menguasai negeri ini hingga kemerdekaannya pada 1979. Bertetangga dengan Saint Lucia di sebelah utara dan Barbados di timur, wilayahnya hanya setengah luas Pulau Ambon.
Ibu Kota : Kingstown
Bahasa : Inggris
Mata Uang : Dolar Karibia Timur (XCD)
Jumlah Penduduk : 118.434 jiwa

12.Grenada

Grenada adalah sebuah negara kepulauan seluas 344 km² yang terletak di bagian paling selatan Kepulauan Windward, Karibia. Letaknya sekitar 161 km di sebelah utara Venezuela. Grenada merupakan negara terkecil kedua di belahan bumi Barat (setelah Saint Kitts dan Nevis)
Ibu Kota : St. George's
Bahasa : Inggris
Mata Uang : Dolar Karibia Timur (XCD)
Jumlah Penduduk : 92.808 jiwa

11.Malta

Republik Malta adalah sebuah negara kepulauan dengan luas 316 km² di Eropa Selatan. Malta terdiri dari lima pulau, tiga di antaranya berpenghuni, di tengah-tengah Laut Tengah. Letaknya yang strategis telah menyebabkan Malta dijajah oleh berbagai penguasa selama berabad-abad. Malta dikenal sebagai tujuan pariwisata khususnya bagi orang Eropa. Sejak 1993, Malta terbagi menjadi 68 dewan kota (local council).
Ibu Kota : Valletta
Bahasa : Malta, Inggris
Mata Uang : Euro (EUR)
Jumlah Penduduk :404.039 jiwa

10.Maldives

Republik Maladewa adalah sebuah negara kepulauan dengan luas 298 km² yang terdiri dari kumpulan atol di Samudra Hindia. Maladewa terletak di sebelah selatan-barat daya India, sekitar 700 km sebelah barat daya Sri Lanka. Negara ini memiliki 26 atol yang terbagi menjadi 20 atol administratif dan 1 kota.
Ibu Kota : Malé
Bahasa : Divehi
Mata Uang : Rufiyaa (MVR)
Jumlah Penduduk :349.106 jiwa

9.Seychelles

Republik Seychelles (bahasa Kreol: Repiblik Sesel) adalah sebuah negara kepulauan dengan luas 455 km²di tengah Samudra Hindia, sekitar 1.600 km sebelah timur daratan Afrika, dan sebelah timur laut Madagaskar. Negara dan teritori tetangganya ialah Mauritius dan Reunion di sebelah selatan, Komoro dan Mayotte di barat daya, dan Maladewa di timur laut.
Ibu Kota : Victoria
Bahasa : Kreol, Inggris, Perancis
Mata Uang : Rupee (SCR)
Jumlah Penduduk :81.755 jiwa

8.Saint Kitts and Nevis

Federasi Saint Kitts dan Nevis adalah sebuah negara kepulauan dengan luas 261 km² yang terletak di Kepulauan Leeward, Karibia. Ibu kota dan kursi pemerintahan federal bertempat di Pulau Saint Kitts. Pulau Nevis yang lebih kecil wilayahnya berjarak ±3 km sebelah tenggara Saint Kitts.
Ibu Kota : Basseterre
Bahasa : Inggris
Mata Uang : Dolar Karibia Timur (XCD)
Jumlah Penduduk :31.800 jiwa

7.Marshall Islands

Republik Kepulauan Marshall adalah sebuah negara kepulauan yang terletak di Samudra Pasifik bagian barat. Dia berbatasan dengan Nauru dan Kiribati di sebelah selatan, Mikronesia di barat, dan Pulau Wake di utara.Dengan luas 181,3 km²
Ibu Kota : Majuro
Bahasa : Marshall, Inggris
Mata Uang : Dolar AS
Jumlah Penduduk :71.056 jiwa


6.Liechtenstein

Kepangeranan Liechtenstein adalah sebuah negara kecil dengan luas 160 km²yang terkurung daratan. Terletak di tepi timur Sungai Rhein di antara negara Austria dan Swiss, segala urusan luar negeri negara berbahasa Jerman ini diurus oleh Swiss. Liechtenstein mengandalkan pendapatan dari sektor pariwisata, terutama penjualan prangko.
Ibu Kota : Vaduz
Bahasa : Jerman
Mata Uang : Franc Swiss (CHF)
Jumlah Penduduk : 34.604 jiwa

5.San Marino

Republik San Marino merupakan negara terkecil ke lima di dunia dan dikelilingi oleh Italia tepatnya di sebelah utara berbatasan dengan provinsi Rimini, daerah Emilia-Romagna dan di sebelah selatan provinsi Pesaro dan Urbino, daerah Marche.Dengan luas 61,2 km²
Ibu Kota : San Marino
Bahasa : Italia
Mata Uang : Euro (EUR)
Jumlah Penduduk : 29.251 jiwa

4.Tuvalu

Tuvalu, dulunya dikenal sebagai Kepulauan Ellice, adalah sebuah negara kepulauan yang terletak di antara Hawaii dan Australia di Samudra Pasifik. Titik tertinggi di antara 114 pulau yang membentuk negara ini hanya setinggi 5 m di atas permukaan laut.Dengan luas 26 km²
Ibu Kota : Funafuti
Bahasa : Tuvalu, Inggris
Mata Uang : Dolar Australia (AUD)
Jumlah Penduduk : 11.500 jiwa

3.Nauru

Republik Nauru adalah negara berbentuk republik terkecil di dunia dengan luas 21 km². Negara ini tidak memiliki ibukota resmi. Nauru terkenal dengan hasil produksi fosfatnya yang telah ditambang oleh gabungan perusahaan asing sejak 90 tahun terakhir. Nauru tidak memiliki kota maupun ibu kota, namun Yaren umumnya dianggap sebagai ibu kota negara secara de facto karena sebagian besar kantor pemerintahan pusat terletak di distrik ini. PBB menggolongkan Yaren sebagai "distrik utama".
Ibu Kota : Yaren (de facto)
Bahasa : Nauru, Inggris
Mata Uang : Dolar Australia (AUD)
Jumlah Penduduk : 10.600 jiwa

2.Monaco

Kepangeranan Monako (bahasa Perancis: Principauté de Monaco atau Monaco; Monegasque: Munegu atau Principatu de Munegu) dengan luas 1,95 km²adalah sebuah negara-kota dan negara terkecil kedua di dunia, setelah Vatikan, yang terletak di antara Laut Mediterania dan Perancis di sepanjang Pantai Biru (Côte d'Azur). Monako juga adalah negara dengan kepadatan penduduk terbesar kedua di dunia.
Nama Monako berasal dari sebuah koloni Yunani di dekat sana, Monoikos, yang didirikan pada abad ke-6 SM oleh bangsa Phokida (bahasa Inggris: Phocis).
Salah satu sumber pendapatan Monako berasal dari sektor pariwisata; setiap tahunnya banyak yang berkunjung ke situ untuk kasino dan cuacanya yang nyaman.
Ibu Kota : Monaco-Ville
Bahasa : Perancis
Mata Uang : Euro (€)
Jumlah Penduduk : 31.842

1.Vatican

Vatikan adalah negara merdeka terkecil di dunia, dari segi luas wilayah dan jumlah penduduk. Vatikan merupakan sebuah enklaf dan dikelilingi kota Roma di Italia. Vatikan merupakan tempat tinggal Paus dan wilayah Takhta Suci, otoritas pusat Gereja Katolik.Dengan luas 0,44 km²
Ibu Kota : -
Bahasa : Bahasa Latin (Bahasa Italia banyak dipakai)
Mata Uang : Euro (€)
Jumlah Penduduk : 890

blog sumber
×

© KTSP SMART SYSTEM. All rights reserved.

Designed by Way2themes