Teknik Mengajar Inovatif Inspiratif

Perubahan teknologi dan jaman telah berdampak pada perubahan hampir di semua aspek kehidupan, tidak terkecuali dunia pendidikan. Cara pendidikan masa lalu yang cenderung bersifat satu arah, sudah tidak cocok lagi diterapkan di masa kini. 

Pembelajaran inovatif berusaha membuat suasana belajar menjadi menyenangkan, sehingga tidak akan ada siswa yang pasif di kelas, perasaan tertekan dengan tenggat waktu tugas, kemungkinan kegagalan, kesulitan memahami materi, dan tentu saja rasa bosan. Ciri utama dari pembelajaran inovatif adalah antisipasi dan partisipasi, serta keseimbangan antara kegiatan penyadaran dan pemberdayaan. Hal ini dapat dibangun diantaranya dengan mengenali setiap karakteristik diri siswa dan menerapkan cara yang sesuai untuk karakter bersangkutan serta pemilihan media pembelajaran yang sesuai. 

Dalam modul ini akan dipaparkan tentang hal-hal berikut ini:
1.    Mendidik anak generasi digital
2.    Perencanaan pembelajaran
3.    Media pembelajaran
4.    Strategi pembelajaran
5.    Formatif dan sumatif asesmen
6.    Pengembangan potensi diri guru
7.    Pembelajaran kreatif dan inovatif

Modul ini pada awalnya diperuntukkan bagi para guru karena kegiatan mengajar sangat identik dengan guru. Namun dalam pembelajaran modern, belajar mengajar sebenarnya sebuah proses berkelanjutan yang bisa terjadi di mana saja, dan ruang kelas hanyalah salah satunya. Sehingga, walaupun Anda tidak berprofesi sebagai guru, modul ini diharapkan tetap akan memberi manfaat tersendiri bagi Anda. 


×

© KTSP SMART SYSTEM. All rights reserved.

Designed by Way2themes