Cara Membuat File Excel Expired

Ada banyak cara untuk membuat sebuah file Expired (tidak bisa dibuka setelah melewati masa tertentu). Hal seperti ini biasanya digunakan untuk membuat sebuah aplikasi Trial berbasis Excel.
Salah satu caranya adalah dengan membatasi jumlah file tersebut dibuka, misalnya sampai 10 kali saja. Setelah dibuka 10 kali, maka ketika file dibuka langsung menutup diri atau bahkan menghapus dirinya sendiri.

Posting kali ini akan membahas salah satu cara yang dipaparkan di atas dengan memanfaatkan Registry Windows. Statement penting dalam contoh kali ini adalah: GetSetting dan SaveSetting. Kedua Statement ini berkaitan dengan pembuatan dan modifikasi sebuah key di Registry Windows.

Oke, misalnya kita akan membatasi penggunaan sebuah file maksimal 2 kali. Maka berikut contoh kode macronya di Workbook Mudule:


Setiap kali file ini dibuka, maka akan menambah nilai pada key Registry seperti berikut:


Dari tampilan Registry Editor di atas, kita bisa memahami bahwa kode SaveSetting berfungsi menuliskan entry pada registry yakni pada HKEY_CURRENT_USER\Software\VB and VBA Program Setting. kemudian teks pada SaveSetting adalah NamaAplikasi, Section, Key dan Nilai yang akan diisi. Sementara GetSetting berguna untuk melihat nilai pada Registry yang telah dibuat.

Dengan cara di atas, maka file hanya bisa dibuka maksimal 2 kali. Setelah lebih dari 2 kali, maka file akan langsung ditutup.

Sebenarnya, banyak sekali cara lain yang bisa digunakan. Apa yang diceritakan di sini hanya salah satu contoh saja.

Okkeh, demikianlah trik kali ini.
File Contoh saya protect VBA-nya dengan password : 123456. File bisa didownload di sini.

×

© KTSP SMART SYSTEM. All rights reserved.

Designed by Way2themes