No.
|
KOMPETENSI INTI GURU
|
KOMPETENSI GURU KELAS SD/MI
| |||
Kompetensi Pedagodik
| |||||
1.
|
Menguasai karakteristik peserta
|
1.1
|
Memahami karakteristik peserta didik usia
| ||
didik dari aspek fisik, moral,
|
sekolah dasar yang berkaitan dengan aspek
| ||||
sosial, kultural, emosional, dan
|
fisik, intelektual, sosial-emosional, moral,
| ||||
intelektual.
|
spiritual, dan latar belakang sosial-budaya.
| ||||
1.2
|
Mengidentifikasi potensi peserta didik usia
| ||||
sekolah dasar dalam lima mata pelajaran
| |||||
SD/MI.
| |||||
1.3
|
Mengidentifikasi kemampuan awal peserta
| ||||
didik usia sekolah dasar dalam lima mata
| |||||
pelajaran SD/MI.
| |||||
1.4
|
Mengidentifikasi kesulitan peserta belajar
| ||||
usia sekolah dasar dalam lima mata
| |||||
pelajaran SD/MI.
| |||||
2.
|
Menguasai teori belajar dan
|
2.1
|
Memahami berbagai teori belajar dan
| ||
prinsip-prinsip pembelajaran yang
|
prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik
| ||||
mendidik.
|
terkait dengan lima mata pelajaran SD/MI.
| ||||
2.2
|
Menerapkan berbagai pendekatan, strategi,
| ||||
metode, dan teknik pembelajaran yang
| |||||
mendidik secara kreatif dalam lima mata
| |||||
pelajaran SD/MI.
| |||||
2.3
|
Menerapkan pendekatan pembelajaran
| ||||
tematis, khususnya di kelas-kelas awal
| |||||
SD/MI.
| |||||
3.
|
Mengembangkan kurikulum yang
|
3.1
|
Memahami prinsip-prinsip pengembangan
| ||
terkait dengan mata
|
kurikulum.
| ||||
pelajaran/bidang pengembangan
|
3.2
|
Menentukan tujuan lima mata pelajaran
| |||
yang diampu.
|
SD/MI.
| ||||
3.3
|
Menentukan pengalaman belajar yang
| ||||
sesuai untuk mencapai tujuan lima mata
| |||||
pelajaran SD/MI
| |||||
3.4
|
Memilih materi lima mata pelajaran SD/MI
| ||||
yang terkait dengan pengalaman belajar
| |||||
dan tujuan pembelajaran.
| |||||
3.5
|
Menata materi pembelajaran secara benar
| ||||
sesuai dengan pendekatan yang dipilih dan
| |||||
karakteristik peserta didik usia SD/MI.
| |||||
3.6
|
Mengembangkan indikator dan instrumen
| ||||
penilaian.
| |||||
4.
|
Menyelenggarakan pembelajaran
|
4.1
|
Memahami prinsip-prinsip perancangan
| ||
yang mendidik.
|
pembelajaran yang mendidik.
| ||||
4.2
|
Mengembangkan komponen-komponen
| ||||
rancangan pembelajaran.
| |||||
4.3
|
Menyusun rancangan pembelajaran yang
| ||||
lengkap, baik untuk kegiatan di dalam kelas,
| |||||
laboratorium, maupun lapangan.
| |||||
4.4
|
Melaksanakan pembelajaran yang mendidik
| ||||
di kelas, di laboratorium, dan di lapangan.
| |||||
4.5
|
Menggunakan media pembelajaran sesuai
| ||||
dengan karakteristik peserta didik dan lima
| |||||
mata pelajaran SD/MI untuk mencapai
| |||||
tujuan pembelajaran secara utuh.
| |||||
4.6
|
Mengambil keputusan transaksional dalam
| ||||
lima mata pelajaran SD/MI sesuai dengan
| |||||
situasi yang berkembang.
| |||||
5.
|
Memanfaatkan teknologi informasi
|
5.1
|
Memanfaatkan teknologi informasi dan
| ||
dan komunikasi untuk
|
komunikasi dalam pembelajaran.
| ||||
kepentingan pembelajaran.
| |||||
6.
|
Memfasilitasi pengembangan
|
6.1
|
Menyediakan berbagai kegiatan
| ||
potensi peserta didik untuk
|
pembelajaran untuk mendorong peserta
| ||||
mengaktualisasikan berbagai
|
didik mencapai prestasi belajar secara
| ||||
potensi yang dimiliki.
|
optimal.
| ||||
6.2
|
Menyediakan berbagai kegiatan
| ||||
pembelajaran untuk mengaktualisasikan
| |||||
potensi peserta didik, termasuk
| |||||
kreativitasnya.
| |||||
7.
|
Berkomunikasi secara efektif,
|
7.1
|
Memahami berbagai strategi berkomunikasi
| ||
empatik, dan santun dengan
|
yang efektif, empatik dan santun, baik
| ||||
peserta didik.
|
secara lisan maupun tulisan.
| ||||
7.2
|
Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan
| ||||
santun dengan peserta didik dengan
| |||||
bahasa yang khas dalam interaksi
| |||||
pembelajaran yang terbangun secara
| |||||
siklikal dari (a) penyiapan kondisi psikologis
| |||||
peserta didik, (b) memberikan pertanyaan
| |||||
atau tugas sebagai undangan kepada
| |||||
peserta didik untuk merespons, (c) respons
| |||||
peserta didik, (d) reaksi guru terhadap
| |||||
respons peserta didik, dan seterusnya.
| |||||
8.
|
Menyelenggarakan penilaian dan
|
8.1
|
Memahami prinsip-prinsip penilaian dan
| ||
evaluasi proses dan hasil belajar.
|
evaluasi proses dan hasil belajar sesuai
| ||||
dengan karakteristik lima mata pelajaran
| |||||
SD/MI.
| |||||
8.2
|
Menentukan aspek-aspek proses dan hasil
| ||||
belajar yang penting untuk dinilai dan
| |||||
dievaluasi sesuai dengan karakteristik lima
| |||||
mata pelajaran SD/MI.
| |||||
8.3
|
Menentukan prosedur penilaian dan
| ||||
evaluasi proses dan hasil belajar.
| |||||
8.4
|
Mengembangkan instrumen penilaian dan
| ||||
evaluasi proses dan hasil belajar.
| |||||
8.5
|
Mengadministrasikan penilaian proses dan
| ||||
hasil belajar secara berkesinambungan
| |||||
dengan mengunakan berbagai instrumen.
| |||||
8.6
|
Menganalisis hasil penilaian proses dan
| ||||
hasil belajar untuk berbagai tujuan.
| |||||
8.7
|
Melakukan evaluasi proses dan hasil
| ||||
belajar.
| |||||
9.
|
Memanfaatkan hasil penilaian dan
|
9.1
|
Menggunakan informasi hasil penilaian dan
| ||
evaluasi untuk kepentingan
|
evaluasi untuk menentukan ketuntasan
| ||||
pembelajaran.
|
belajar.
| ||||
9.2
|
Menggunakan informasi hasil penilaian dan
| ||||
evaluasi untuk merancang program
| |||||
remedial dan pengayaan.
| |||||
9.3
|
Mengkomunikasikan hasil penilaian dan
| ||||
evaluasi kepada pemangku kepentingan.
| |||||
9.4
|
Memanfaatkan informasi hasil penilaian dan
| ||||
evaluasi pembelajaran untuk meningkatkan
| |||||
kualitas pembelajaran.
| |||||
10.
|
Melakukan tindakan reflektif untuk
|
10.1
|
Melakukan refleksi terhadap pembelajaran
| ||
peningkatan kualitas
|
yang telah dilaksanakan.
| ||||
pembelajaran.
|
10.2
|
Memanfaatkan hasil refleksi untuk
| |||
perbaikan dan pengembangan lima mata
| |||||
pelajaran SD/MI.
| |||||
10.3 Melakukan penelitian tindakan kelas untuk
| |||||
meningkatkan kualitas pembelajaran lima
| |||||
mata pelajaran SD/MI.
| |||||
Kompetensi Kepribadian
| |||||
11.
|
Bertindak sesuai dengan norma
|
11.1
|
Menghargai peserta didik tanpa
| ||
agama, hukum, sosial, dan
|
membedakan keyakinan yang dianut, suku,
| ||||
kebudayaan nasional Indonesia.
|
adat-istiadat, daerah asal, dan gender.
| ||||
11.2
|
Bersikap sesuai dengan norma agama yang
| ||||
dianut, hukum dan norma sosial yang
| |||||
berlaku dalam masyarakat, serta
| |||||
kebudayaan nasional Indonesia yang
| |||||
beragam.
| |||||
12.
|
Menampilkan diri sebagai pribadi
|
12.1
|
Berperilaku jujur, tegas, dan manusiawi.
| ||
yang jujur, berakhlak mulia, dan
|
12.2
|
Berperilaku yang mencerminkan ketakwaan
| |||
teladan bagi peserta didik dan
|
dan akhlak mulia.
| ||||
masyarakat.
|
12.3
|
Berperilaku yang dapat diteladani oleh
| |||
peserta didik dan anggota masyarakat di
| |||||
sekitarnya.
| |||||
13.
|
Menampilkan diri sebagai pribadi
|
13.3
|
Menampilkan diri sebagai pribadi yang
| ||
yang mantap, stabil, dewasa, arif,
|
mantap dan stabil.
| ||||
dan berwibawa.
|
13.2
|
Menampilkan diri sebagai pribadi yang
| |||
dewasa, arif, dan berwibawa.
| |||||
14.
|
Menunjukkan etos kerja, tanggung
|
14.1
|
Menunjukkan etos kerja dan tanggung
| ||
jawab yang tinggi, rasa bangga
|
jawab yang tinggi.
| ||||
menjadi guru, dan rasa percaya
|
14.2
|
Bangga menjadi guru dan percaya pada diri
| |||
diri.
|
sendiri.
| ||||
14.3
|
Bekerja mandiri secara profesional.
| ||||
15.
|
Menjunjung tinggi kode etik
|
15.1
|
Memahami kode etik profesi guru.
| ||
profesi guru.
|
15.2
|
Menerapkan kode etik profesi guru.
| |||
15.3
|
Berperilaku sesuai dengan kode etik guru.
| ||||
Kompetensi Sosial
| |||||
16.
|
Bersikap inklusif, bertindak
|
16.1
|
Bersikap inklusif dan objektif terhadap
| ||
objektif, serta tidak diskriminatif
|
peserta didik, teman sejawat dan
| ||||
karena pertimbangan jenis
|
lingkungan sekitar dalam melaksanakan
| ||||
kelamin, agama, ras, kondisi fisik,
|
pembelajaran.
| ||||
latar belakang keluarga, dan
|
16.2
|
Tidak bersikap diskriminatif terhadap
| |||
status sosial ekonomi.
|
peserta didik, teman sejawat, orang tua
| ||||
peserta didik dan lingkungan sekolah
| |||||
karena perbedaan agama, suku, jenis
| |||||
kelamin, latar belakang keluarga, dan status
| |||||
sosial-ekonomi.
| |||||
17.
|
Berkomunikasi secara efektif,
|
17.1
|
Berkomunikasi dengan teman sejawat dan
| ||
empatik, dan santun dengan
|
komunitas ilmiah lainnya secara santun,
| ||||
sesama pendidik, tenaga
|
empatik dan efektif.
| ||||
kependidikan, orang tua, dan
|
17.2
|
Berkomunikasi dengan orang tua peserta
| |||
masyarakat.
|
didik dan masyarakat secara santun,
| ||||
empatik, dan efektif tentang program
| |||||
pembelajaran dan kemajuan peserta didik.
| |||||
17.3
|
Mengikutsertakan orang tua peserta didik
| ||||
dan masyarakat dalam program
| |||||
pembelajaran dan dalam mengatasi
| |||||
kesulitan belajar peserta didik.
| |||||
18.
|
Beradaptasi di tempat bertugas di
|
18.1
|
Beradaptasi dengan lingkungan tempat
| ||
seluruh wilayah Republik
|
bekerja dalam rangka meningkatkan
| ||||
Indonesia yang memiliki
|
efektivitas sebagai pendidik, termasuk
| ||||
keragaman sosial budaya.
|
memahami bahasa daerah setempat.
| ||||
18.2
|
Melaksanakan berbagai program dalam
| ||||
lingkungan kerja untuk mengembangkan
| |||||
dan meningkatkan kualitas pendidikan di
| |||||
daerah yang bersangkutan.
| |||||
19.
|
Berkomunikasi dengan komunitas
|
19.1
|
Berkomunikasi dengan teman sejawat,
| ||
profesi sendiri dan profesi lain
|
profesi ilmiah, dan komunitas ilmiah lainnya
| ||||
secara lisan dan tulisan atau
|
melalui berbagai media dalam rangka
| ||||
bentuk lain.
|
meningkatkan kualitas pendidikan.
| ||||
19.2
|
Mengkomunikasikan hasil-hasil inovasi
| ||||
pembelajaran kepada komunitas profesi
| |||||
sendiri secara lisan dan tulisan atau bentuk
| |||||
lain.
| |||||
Kompetensi Profesional
| |||||
20.
|
Menguasai materi, struktur,
|
Bahasa Indonesia
| |||
konsep, dan pola pikir keilmuan
|
20.1
|
Memahami hakikat bahasa dan
| |||
yang mendukung mata pelajaran
|
pemerolehan bahasa.
| ||||
yang diampu.
|
20.2
|
Memahami kedudukan, fungsi, dan ragam
| |||
bahasa Indonesia.
| |||||
20.3
|
Menguasai dasar-dasar dan kaidah bahasa
| ||||
Indonesia sebagai rujukan penggunaan
| |||||
bahasa Indonesia yang baik dan benar.
| |||||
20.4
|
Memiliki keterampilan berbahasa Indonesia
| ||||
(menyimak, berbicara, membaca, dan
| |||||
menulis)
| |||||
20.5
|
Memahami teori dan genre sastra
| ||||
Indonesia.
| |||||
20.6
|
Mampu mengapresiasi karya sastra
| ||||
Indonesia, secara reseptif dan produktif.
| |||||
Matematika
| |||||
20.7
|
Menguasai pengetahuan konseptual dan
| ||||
prosedural serta keterkaitan keduanya
| |||||
dalam konteks materi aritmatika, aljabar,
| |||||
geometri, trigonometri, pengukuran,
| |||||
statistika, dan logika matematika.
| |||||
20.8
|
Mampu menggunakan matematisasi
| ||||
horizontal dan vertikal untuk
| |||||
menyelesaikan masalah matematika dan
| |||||
masalah dalam dunia nyata.
| |||||
20.9
|
Mampu menggunakan pengetahuan
| ||||
konseptual, prosedural, dan keterkaitan
| |||||
keduanya dalam pemecahan masalah
| |||||
matematika, serta. penerapannya dalam
| |||||
kehidupan sehari-hari.
| |||||
20.10
|
Mampu menggunakan alat peraga, alat
| ||||
ukur, alat hitung, dan piranti lunak
| |||||
komputer.
| |||||
IPA
| |||||
20.11
|
Mampu melakukan observasi gejala alam
| ||||
baik secara langsung maupun tidak
| |||||
langsung.
| |||||
20.12
|
Memanfaatkan konsep-konsep dan hukum-
| ||||
hukum ilmu pengetahuan alam dalam
| |||||
berbagai situasi kehidupan sehari-hari.
| |||||
20.13
|
Memahami struktur ilmu pengetahuan alam,
| ||||
termasuk hubungan fungsional
| |||||
antarkonsep, yang berhubungan dengan
| |||||
mata pelajaran IPA.
| |||||
IPS
| |||||
20.14
|
Menguasai materi keilmuan yang meliputi
| ||||
dimensi pengetahuan, nilai, dan
| |||||
keterampilan IPS.
| |||||
20.15
|
Mengembangkan materi, struktur, dan
| ||||
konsep keilmuan IPS.
| |||||
20.16
|
Memahami cita-cita, nilai, konsep, dan
| ||||
prinsip-prinsip pokok ilmu-ilmu sosial dalam
| |||||
konteks kebhinnekaan masyarakat
Indonesia dan dinamika kehidupan global.
| |||||
20.17
|
Memahami fenomena interaksi
| ||||
perkembangan ilmu pengetahuan,
| |||||
teknologi, seni, kehidupan agama, dan
| |||||
perkembangan masyarakat serta saling
| |||||
ketergantungan global.
| |||||
PKn
| |||||
20.18
|
Menguasai materi keilmuan yang meliputi
| ||||
dimensi pengetahuan, sikap, nilai, dan
| |||||
perilaku yang mendukung kegiatan
| |||||
pembelajaran PKn.
| |||||
20.19
|
Menguasai konsep dan prinsip kepribadian
| ||||
nasional dan demokrasi konstitusional
| |||||
Indonesia, semangat kebangsaan dan cinta
| |||||
tanah air serta bela negara.
| |||||
20.20
|
Menguasai konsep dan prinsip
| ||||
perlindungan, pemajuan HAM, serta
| |||||
penegakan hukum secara adil dan benar.
| |||||
20.21 Menguasai konsep, prinsip, nilai, moral, dan
| |||||
norma kewarganegaraan Indonesia yang
| |||||
demokratis dalam konteks kewargaan
| |||||
negara dan dunia.
| |||||
21.
|
Menguasai standar kompetensi
|
21.1
|
Memahami standar kompetensi lima mata
| ||
dan kompetensi dasar mata
|
pelajaran SD/MI.
| ||||
pelajaran/bidang pengembangan
|
21.2
|
Memahami kompetensi dasar lima mata
| |||
yang diampu.
|
pelajaran SD/MI.
| ||||
21.3
|
Memahami tujuan pembelajaran lima mata
| ||||
pelajaran SD/MI.
| |||||
22.
|
Mengembangkan materi
|
22.1
|
Memilih materi lima mata pelajaran SD/MI
| ||
pembelajaran yang diampu
|
yang sesuai dengan tingkat perkembangan
| ||||
secara kreatif.
|
peserta didik.
| ||||
22.2
|
Mengolah materi lima mata pelajaran SD/MI
| ||||
secara integratif dan kreatif sesuai dengan
| |||||
tingkat perkembangan peserta didik.
| |||||
23.
|
Mengembangkan keprofesionalan
|
23.1
|
Melakukan refleksi terhadap kinerja sendiri
| ||
secara berkelanjutan dengan
|
secara\ terus menerus.
| ||||
melakukan tindakan reflektif.
|
23.2
|
Memanfaatkan hasil refleksi dalam rangka
| |||
peningkatan keprofesionalan.
| |||||
23.3
|
Melakukan penelitian tindakan kelas untuk
| ||||
peningkatan keprofesionalan.
| |||||
23.4
|
Mengikuti kemajuan zaman dengan belajar
| ||||
dari berbagai sumber.
| |||||
24.
|
Memanfaatkan teknologi informasi
|
24.1
|
Memanfaatkan teknologi informasi dan
| ||
dan komunikasi untuk
|
komunikasi dalam berkomunikasi.
| ||||
berkomunikasi dan
|
24.2
|
Memanfaatkan teknologi informasi dan
| |||
mengembangkan diri.
|
komunikasi untuk pengembangan diri.
|
Arsip Blog
-
▼
2012
(515)
-
▼
Juli
(236)
- RPP Dan Silabus Bahasa Sunda SMA
- RPP dan Silabus Bahasa Jerman SMA
- RPP BK | Bimbingan Konseling SMP Semester Genap
- RPP Dan Silabus Bahasa Jepang SMA Kelas XII
- RPP Dan Silabus SMK | SKKD, KKM, Prota, Promes
- RPP Dan Silabus SMA | SKKD, KKM, Prota, Promes
- RPP Bahasa Jepang Kelas 1-X SMA
- RPP PENDIDIKAN AGAMA KATOLIK SMA / SMK
- RPP BK | Bimbingan Konseling SMP Semester Ganjil
- Pedoman Pengelolaan Pengembangan Keprofesian Berke...
- Pedoman Pelaksanaan Penilaian Kinerja Guru (PK Guru)
- Pedoman Kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelan...
- Pedoman Penilaian Kegiatan Pengembangan Keprofesia...
- Petunjuk Teknis Pelaksanaan Jabatan Fungsional Gur...
- Permennegpan 16 Tahun 2009 Tentang Jabatan Fungsio...
- Penyesuaian Jabatan Fungsional Guru
- PETUNJUK PELAKSANAAN JABATAN FUNGSIONAL GURU DAN A...
- Pedoman Penilaian Kinerja Kepala Laboratorium
- Pedoman Penilaian Kinerja Kepala Program Keahlian
- Pedoman Penilaian Kinerja Kepala Sekolah
- Cara Daftar Forum EKinerjaGuru.Org
- Cara Login Forum EKinerjaGuru.Org
- PREDIKSI SOAL UJI KOMPETENSI GURU
- Kisi-Kisi Soal UKG Bahasa Mandarin
- Kisi-Kisi Soal UKG Bahasa Jepang
- Kisi-Kisi Soal UKG Bahasa Arab
- Kisi-Kisi Soal UKG Bahasa Jerman
- Kisi-Kisi Soal UKG Bahasa Sunda
- Kisi-Kisi Soal UKG Bahasa Makassar
- Kisi-Kisi Soal UKG Bahasa Jawa
- Kisi-Kisi Soal UKG Bahasa Madura
- Kisi-Kisi Soal UKG Bahasa Daerah
- Kisi-Kisi Soal UKG Bahasa Batak
- bpsdmpk.kemdikbud.go.id | website resmi ukg online
- ukg.kemdikbud.go.id | website resmi ukg online
- ukgonline.ptkguru.com | website latihan ukg online
- ukgonline.com | website latihan uji kompetensi gur...
- Latihan Soal UKG PKn SMP
- Latihan Soal UKG IPA SMP
- Latihan Soal UKG Bahasa Indonesia SMP
- Standar Kompetensi Guru SD / MI
- Cara Membuat File Excel Expired
- Tutorial Lengkap Microsoft Excel 2007 Bagi Pemula ...
- Kisi kisi UKG Geografi SMA
- Kisi Kisi UKG Penjas SMA
- Kisi Kisi UKG Penjaskes SMP
- Dinas Pendidikan Prov. Sumatera Utara
- Dinas Pendidikan Propinsi Sumatera Barat
- Dinas Pendidikan Propinsi Jambi
- Dinas Pendidikan Propinsi Nanggroe Aceh Darussalam
- DAFTAR ALAMAT DINAS PENDIDIKAN KOTA KABUPATEN DAN ...
- PLPG RAYON 110 UPI GELOMBANG 7 DAN 8
- Latihan Soal UKG Online Bahasa Indonesia
- Latihan Soal UKG Matematika
- Video Software UKG Online
- UKG Online | PTK Guru Com
- Latihan Soal Online | Energi dan Daya Listrik
- Latihan Soal Online | Listrik Dinamis
- Latihan Soal Online | Listrik Statis
- Latihan Soal Online | Bunyi
- Latihan Soal Online | Atom, Ion, dan Molekul
- CARA CEPAT ADD URL | OPTIMASI SEO SEARCH ENGINE
- Latihan dan Simulasi Soal UKG IPS
- Latihan Soal UKG BK-Bimbingan Konseling
- PLPG Tahap 8 UNS 2012
- PLPG Tahap 16 IKIP PGRI Semarang 2012
- Ujian Ulang PLPG Angkatan 1, 2, dan 3 UNP Padang 2012
- Latihan Soal Soal Online
- Latihan Soal Online | Sifat Fisikan dan Sifat Kimia
- Latihan Soal Online | Pemuaian
- Latihan Soal Online | Zat dan Wujudnya
- Latihan Soal Online | Besaran dan Satuan
- Latihan Soal Online | Perubahan Fisika dan Perubah...
- Materi UKG Biologi
- Materi UKG IPS SMP
- Materi Uji Kompetensi Guru UKG PKn SMP
- Materi UKG Bahasa Indonesia SMP
- Materi UKG Matematika SMA
- Materi UKG KIMIA
- Materi UKG FISIKA
- Materi UKG Matematika SMP
- Materi UKG IPA SMP
- Materi UKG Bahasa Perancis
- Materi UKG Seni Budaya
- Bahan Belajar Uji Kompetensi Guru (UKG)
- Materi UKG Bahasa Jawa
- Materi UKG BK
- Materi UKG Bahasa Inggris SMA
- Materi UKG Bahasa Inggris SMP
- Materi UKG Guru SD
- Materi Uji Kompetensi Guru UKG TK (Taman Kanak-Kanak)
- Materi Uji Kompetensi Guru UKG Bahasa Indonesia SMA
- SOAL KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU SD
- TEMPAT UKG PAPUA
- Latihan UKG Online Uji Kompetensi Guru IPA
- Latihan UKG Uji KOmpetensi Guru PKn
- Latihan Uji Kompetensi Guru UKG Online SD 2012
- Software Dana Bos 2012
- Cara Menggunakan Software UKG Online
- Cara Login | Masuk Website PK Guru www.ekinerjagur...
-
▼
Juli
(236)