RPP PENDIDIKAN AGAMA KATOLIK SMA / SMK

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Identitas Sekolah
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Katolik
Kelas / Semester : X/1
Pertemuan Ke : 1
Alokasi Waktu : 2 X 45 Menit

Standar Kompetensi :
Memahami nilai-nilai keteladanan Kristus sebagai landasan mengembangkan diri sebagai perempuan atau laki-laki yang memiliki rupa-rupa kemampuan dan keterbatasan sehingga dapat berelasi dengan sesama secara lebih baik.

Kompetensi Dasar :
Memahami diri sendiri dengan segala kelebihan dan kekurangannya, cita-cita dan panggilan hidupnya sehingga menerima diri sebagaimana adanya.

I. INDIKATOR:
1.       Menyebutkan ciri-ciri fisik dan menjelaskan fungsinya
2.       Menyebutkan kelebihan dan kekurangan
3.       Menyebutkan sifat-sifat dan karakter yang dimilikinya.
4.       menceritakan pengalaman-pengalamannya yang unik.
5.       mengungkapkan rasa syukur sebagai pribadi yang diciptakan Tuhan.

II. MATERI AJAR:
1.       SAYA PRIBADI YANG UNIK

III. METODE PEMBELAJARAN: Diskusi, dialog dan informasi.

IV. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN:
1.       Kegiatan Awal:
a.    Guru mengajak siswa mengawali pelajaran dengan berdoa.
b.    Guru menyampaikan kompetensi dasar dan indikator yang akan dibahas.

2.       Kegiatan Inti:
a.    Mengamati keunggulan dan kekurangan dalam diri siswa masing-masing.
b.    Guru membagikan selembar kertas kepada siswa untuk mengisi sifat dan kemampuan masing-masing, kertas yang sudah diisi oleh siswa ditukarkan teman dan disuruh untuk mengisi hal yang sama.
c.     Guru mengajak dialog dengan siswa dengan pertanyaan dan kemudian memberi masukan.
d.    Guru membentuk kelompok untuk mensharingkan isi Kitab Suci (Mat 25:14-30)
e.    Guru memberi masukan tentang isi Kitab Suci tersebut.

3.    Kegiatan Akhir:
a.      Siswa diajak menutup pelajaran dengan doa penutup.
b.      Guru memberi tugas rumah: Wawancara

V. BAHAN / SUMBER:
Buku Perutusan Murid-Murid Yesus, Kitab Suci, Pengalaman hidup siswa atau guru.

VI. PENILAIAN:
Indikator Pencapaian Teknik Penilaian Bentuk Instrumen Contoh Instrumen
1.       Dapat menyebutkan keunggulan yang menonjol dari segi fisik
2.       Dapat menyebutkan kekurangan-kekurangan pada dirinya.
3.       Dapat menyebutkan inspirasi yang dipetik dari perumpamaan Tuhan tentang talenta.
a.      Tes tertulis
b.      Tes Uraian

1. Tes Tertulis
3. Tes Uraian
1. Sebutkan keunggulan-keunggulanmu yang menonjol dilihat dari segi fisik, potensi, dan karakter!
2. Sebutkan kekurangan-kekuranan yang ada padamu?
3. Inspirasi apa yang dapat kamu petik dari perumpamaan Tuhan tentang talenta?



Mengetahui,
Kepala Sekolah SMK……………….



____________________________
NIP:
Medan, Juli 2012
Guru Agama Katolik



____________________________
×

© KTSP SMART SYSTEM. All rights reserved.

Designed by Way2themes