Cara Menggunakan Software UKG Online

Tata Cara Mengikuti Ujian Kompetensi Guru
  1. Peserta memasuki ruangan minimal 30 menit sebelum jadwal ujian dengan menunjukkan Kartu Peserta UKG online dan identitas lainnya;
  2. Peserta mengisi daftar hadir dan mendengarkan pengarahan dari tim teknis;
  3. Login pada sistem ujian online sesuai dengan nomor peserta sertifikasi guru dan NUPTK;
  4. Peserta melakukan pengisian dan perbaikan data individu sebagaima data yang tertera pada layar monitor;
  5. Latihan menggunakan sistem ujian online selama 15 menit;
  6. Mengikuti ujian yang sesungguhnya dengan mengakses soal uji kompetensi yang disediakan;
  7. Berikut akan kami kenalkan tentang penggunaan software UKG Online. Setelah tiba gilirannya seorang peserta UKG masuk ke dalam ruang ujian beserta kelompoknya (20 – 25 orang), setiap peserta duduk tepat dihadapan komputer yang sudah ditentukan oleh panitia penyelenggara lengkap dengan CD bootable sisten UKG dan terkoneksi ke server. Komputer server telah terkoneksi dengan jaringan internet minimal 512 kbps.

Berdoa sebelum bekerja adalah penting karena sebesar apapun kesiapan anda kalau Alloh tidak meridhoi maka anda tidak akan berhasil sempurna dalam menghadapi UKG ini.

Setelah mendapatkan perintah untuk booting dari panitia, maka setiap peserta harus melakukannya, maka berikutnya anda akan menghadapi layar login sebagai berikut :


Silahkan anda inputkan Nomor Peserta dan NUPTK sesuai dengan kartu peserta yang anda terima dari Dinas Pendidikan.

Data yang diinputkan pada Nomor Peserta dan NUPTK, dua-duanya harus benar,  jika  salah  satunya  salah maka  peserta  ujian  tidak  diijinkan  Login pada sistem ujian. Jika terjadi kesalahan input Nomor Peserta dan NUPTK maka menampilkan informasi seperti dibawah ini :


Namun jika kesalahan itu terjadi hanya input NUPTK maka pesan yang akan ditampilkan adalah berikut ini :

Setelah berhasil Login maka peserta segera masuk pada menu Pilih Mata Ujian.  Pada sistem UKG online, setiap peserta   hanya disiapkan satu mata ujian sesuai dengan mata pelajaran yang  tertera pada sertifikat pendidiknya. Jika  terjadi perbedaan mata  pelajaran  yang  diampu  dengan  mata  ujian,  itu  berarti  terjadi  kesalahan inisialiasi dari awal.  Setiap peserta melekat pada dirinya satu mata pelajaran yang diampunya  sesuai  dengan  sertifikat  pendidiknya.  Perhatikan  gambar  Pilihan Mata  Ujian  menyediakan  informasi  nama  Mata  Ujian,  Durasi  waktu  yang disediakan  untuk  mengerjakan  ujian  tersebut,  dan  standar  kelulusan. Untuk melanjutkan pada sesi ujian dengan menekan tombol Ikut Ujian.



Setelah menekan tombol Ikut Ujian  maka selanjutnya menampilkan informasi konfirmasi ujian tentang nama mata pelajaran, bidang keahlian, program keahlian, profesi, jenjang pendidikan seperti pada gambar berikut :


Setelah  yakin  data  itu  benar  maka  Anda  dapat  melanjutkan  dengan  menekan Ikut Ujian, maka soal ujian sesuai dengan mata ujian akan tampil seperti pada gambar berikut :


Setiap  halaman  ujian  berisi  hanya  satu  unit  soal  yang  terdiri  uraian  soal  pada  bagian paling  atas,  dibawahnya  ada  empat  uraian  jawaban    (A,  B,  C  dan  D).  Pilihan  jawaban tersebut dapat dipilih dengan 2 cara yaitu :

  1. Menggunakan Mouse  : Arahkan mouse dan klik kiri mouse 1x pada pilihan jawaban yang menurut Anda paling Benar. Pilihan  jawaban yang  terpilih akan memberikan  reaksi  perubahan  warna  dari  biru menjadi merah.  Jika menurut Anda  pilihan  jawaban  Anda  sebelumnya  kurang  tepat,  maka  Anda  dapat memilih  jawaban  lainya  arahkan  mouse  dan  klik  kiri  mouse  1x  lagi  pada pilihan  jawaban yang menurut Anda paling Benar. Perubahan pilihan  jawaban  berapa kalipun itu diperbolehkan dan sama sekali tidak mengurangi nilai.
  2. Menggunakan Keyboard : Tekan huruf A atau B atau C atau D untuk memilih jawaban yang menurut Anda paling benar. Pilihan  jawaban yang  terpilih akan memberikan  reaksi  perubahan  warna  dari  biru menjadi merah.  Jika menurut Anda  pilihan  jawaban  Anda  sebelumnya  kurang  tepat,  maka  Anda  dapat memilih jawaban dengan menekan huruf A atau B atau C atau D yang menurut Anda  paling  benar.  Perubahan  pilihan  jawaban    berapa  kalipun  itu diperbolehkan dan sama sekali tidak mengurangi nilai.
Berikut ini adalah toolbar yang disiapkan pada software Pelaksana UKG Online untuk memudahkan peserta mengikuti ujian. Software Pelaksana  dirancang    khusus  untuk  mengakomodir  seluruh  peserta  uji  termasuk  yang  belum  pernah  pakai  komputer  sekalipun.

Kesalahan yang mungkin terjadi akibat salah tekan mouse atau salah tekan keyboard 99% tidak akan terjadi, karena fungsi keyboard dan mouse telah diminimalisir. Pada saat ujian berlangsung tombol keyboard yang berfungsi hanya 5 tombol yaitu : tanda +, -, angka 0, spasi dan backspace. Perhatikan gambar berikut :


Berikut  ini adalah contoh soal dimana peserta  telah memberikan  jawaban, maka secara otomatis pada sudut kanan halaman ujian muncul informasi jawaban yang Anda pilih. Perhatikan gambar :

Soal dan jawaban pertama

Soal dan jawaban yang sudah diperbarui

Catatan Penting : Pada saat ujian berlangsung, sistem ujian akan merekam jawaban secara otomatis setiap 4-5 menit

Untuk  memudahkan  peserta  ujian  berpindah  atau  ke  lompat  ke  soal  yang diinginkan  tanpa harus pindah satu persatu, maka software  ini  juga menyediakan Navigasi Soal   yang tidak hirarki. Perhatikan gambar :


Nomor soal yang berwarna hijau berarti soal tersebut sudah terjawab, nomor soal yang sudah berwarna merah berarti soal tersebut belum terjawab, sedang nomor soal yang berwarna biru adalah nomor soal yang dipilih untuk dibuka secara langsung dengan cara mengklik tombol Ok

TOMBOL PROSES UJIAN

Dari sekian banyak tombol yang ada pada sistem ujian online, ini adalah tombol  yang paling penting, karena akan memproses hasil ujian peserta



Maka dari itu peserta Wajib membaca informasi atau perintahnya  yang muncul.

Setelah peserta menekan tombol proses ujian   maka muncul beberapa kali konfirmasi yang harus dibaca dan dipahami.

Konfirmasi Pertama :

Informasi  bahwa  waktu  untuk  mengerjakan  soal  ujian  masih  ada/tersedia,  jika Anda  ingin  menyelesaikan  atau  memproses  ujian  takan  tombol Ya maka muncul  informasi seperti pada gambar dibawah untuk selesaikan ujian, namun  ingin kembali memeriksa soal ujian silahkan klik Tidak

Konfirmasi Kedua :

Untuk  meyakinkan  bahwa  apakah  Anda  ingin  menyelesaikan  ujian,  maka  ada konfirmasi  yang  kedua Selesaikan Ujian.  Informasi  yang  disampaikan  pada konfirmasi  adalah  nama  mata  pelajaran,  bidang  keahlian,  program  keahlian, profesi,  jenjang  pendidikan,  standar  kelulusan,  nilai  pedagogik  dan  nilai profesional.  Tekan  tombol  Selesai  sehingga  akan  muncul  informasi  ujian seperti pada gambar dibawah yang menampilkan hasil ujian.



Silahkan perhatikan hasil ujian, luluskah anda ? untuk kesempatan yang pertama anda sendiri yang tahu, silahkan bandingkan nilai pedagogik dan nilai profesional anda dengan Standar Kelulusan (70) yang sudah ditetapkan.

Sumber : Materi ToT Uji Kompetensi Guru (UKG) Online

Tambahan :
Bagi yang membutuhkan file-file tentang UKG silahkan download pada link dibawah ini :
  1. Pedoman UKG
  2. MATERI TOT TIM TEKNIS UKG ONLINE
  3. INTERFACE_UKG_ONLINE_2012 (dari LPMP Jawa Tengah)
  4. Video Software UKG

Latihan UKG Online DISINI
Materi UKG klik DISINI
Kisi kisi UKG Online DISINI
×

© KTSP SMART SYSTEM. All rights reserved.

Designed by Way2themes