Panduan Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Guru harus menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sebagai implementasi dari pogram pembelajaran yang sudah dituangkan di dalam silabus. RPP merupakan pegangan bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran baik di kelas, laboratorium, dan/atau lapangan untuk setiap Kompetensi dasar. Oleh karena itu, apa yang tertuang di dalam RPP memuat hal-hal yang langsung berkait dengan aktivitas pembelajaran dalam upaya pencapaian penguasaan suatu Kompetensi Dasar.

Dalam menyusun RPP guru harus mencantumkan Standar Kompetensi yang memayungi  Kompetensi Dasar yang akan disusun dalam RPP-nya. Di dalam RPP secara rinci harus dimuat Tujuan Pembelajaran,Materi Pembelajaran, Metode Pembelajaran, Langkah-langkah Kegiatan pembelajaran, Sumber Belajar, dan Penilaian

Langkah-langkah Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)


Mencantumkan identitas
  • Nama sekolah
  • Mata Pelajaran
  • Kelas/Semester
  • Alokasi Waktu

Catatan:
  • RPP disusun untuk satu Kompetensi Dasar.
  • Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar, dan Indikator dikutip dari silabus yang disusun oleh satuan pendidikan
  • Alokasi waktu diperhitungkan untuk pencapaian satu kompetensi dasar yang bersangkutan, yang dinyatakan dalam jam pelajaran dan banyaknya pertemuan. Oleh karena itu, waktu untuk mencapai suatu kompetensi dasar dapat diperhitungkan dalam  satu atau beberapa kali pertemuan bergantung pada karakteristik kompetensi dasarnya.


A. Standar Kompetensi

Standar Kompetensi adalah kualifikasi kemampuan peserta didik yang menggambarkan penguasaan pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang diharapkan dicapai pada mata pelajaran tertentu. Standar kompetensi diambil dari Standar Isi (Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar). Sebelum menuliskan Standar Kompetensi, penyusun terlebih dahulu mengkaji Standar Isi mata pelajaran dengan memperhatikan hal-hal berikut :
  1. urutan berdasarkan hierarki konsep disiplin ilmu dan/atau SK dan KD
  2. keterkaitan antar standar kompetensi dan kompetensi dasar dalam mata pelajaran
  3. keterkaitan standar kompetensi dan kompetensi dasar antar mata pelajaran.


B. Kompetensi Dasar

Kompetensi Dasar merupakan sejumlah kemampuan minimal yang harus dimiliki peserta didik dalam rangka menguasai SK mata pelajaran tertentu. Kompetensi Dasar dipilih dari yang tercantum dalam Standar Isi. Sebelum menentukan atau memilih Kompetensi Dasar, penyusun terlebih dahulu mengkaji standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran dengan memperhatikan hal-hal sebagai berikut :
  1. Urutan berdasarkan hierarki konsep disiplin ilmu dan/atau tingkat kesulitan Kompetensi Dasar
  2. Keterkaitan antar standar kompetensi dan kompetensi dasar dalam mata pelajaran
  3. Keterkaitan standar kompetensi dan kompetensi dasar antar mata pelajaran


C. Tujuan Pembelajaran 


Tujuan Pembelajaran berisi  penguasaan kompetensi yang operasional yang ditargetkan/dicapai dalam rencana pelaksanaan pembelajaran. Tujuan pembelajaran dirumuskan dalam bentuk pernyataan yang operasional dari kompetensi dasar. Apabila rumusan kompetensi dasar sudah operasional, rumusan tersebutlah yang dijadikan dasar dalam merumuskan tujuan pembelajaran. Tujuan pembelajaran dapat terdiri atas sebuah tujuan atau beberapa tujuan. 


D. Materi Pembelajaran 


Materi pembelajaran  adalah  materi yang digunakan untuk mencapai tujuan pembelajaran. Materi pembelajaran dikembangkan dengan mengacu pada materi pokok yang ada dalam silabus.


E. Metode Pembelajaran/Model Pembelajaran


Metode dapat diartikan benar-benar sebagai metode, tetapi dapat pula diartikan sebagai model atau pendekatan pembelajaran, bergantung pada karakteristik pendekatan dan/atau strategi yang dipilih.


F. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran 


Untuk mencapai suatu kompetensi dasar dalam kegiatan pembelajaran harus dicantumkan langkah-langkah kegiatan dalam setiap pertemuan. Pada dasarnya, langkah-langkah kegiatan memuat unsur kegiatan :

a. Pendahuluan 
Pendahuluan merupakan kegiatan awal dalam suatu pertemuan pembelajaran yang ditujukan untuk membangkitkan motivasi dan memfokuskan perhatian peserta didik untuk berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran. 


b. Inti 
Kegiatan inti merupakan proses pembelajaran untuk mencapai KD. Kegiatan pembelajaran dilakukan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik. Kegiatan ini dilakukan secara sistematis dan sistemik melalui proses eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi


c. Penutup 
Penutup merupakan kegiatan yang dilakukan untuk mengakhiri aktivitas pembelajaran yang dapat dilakukan dalam bentuk rangkuman atau kesimpulan, penilaian dan refleksi, umpan balik, dan tindak lanjut. 


G. Sumber Belajar 


Pemilihan  sumber belajar mengacu pada perumusan yang ada dalam silabus yang dikembangkan oleh satuan pendidikan.  Sumber belajar mencakup sumber rujukan, lingkungan, media, narasumber, alat, dan bahan. Sumber belajar dituliskan secara lebih operasional. Misalnya,  sumber belajar dalam silabus dituliskan buku referens, dalam RPP harus dicantumkan judul buku teks tersebut, pengarang, dan halaman yang diacu.


H. Penilaian 


Penilaian dijabarkan atas teknik penilaian, bentuk instrumen, dan instrumen yang dipakai untuk mengumpulkan data. Dalam sajiannya dapat dituangkan dalam bentuk matrik horisontal atau vertikal. Apabila penilaian menggunakan  teknik  tes tertulis uraian, tes unjuk kerja, dan tugas rumah yang berupa proyek harus disertai rubrik penilaian. 


Format Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                             : SMP...........................
Mata Pelajaran                  : ...................................
Kelas/Semester                  : ...................................
Alokasi Waktu                  : ..... x  40 menit

A.    Standar Kompetensi
B.     Kompetensi Dasar
C.  Tujuan Pembelajaran:
      1. Siswa dapat
      2. Siswa dapat
      Dst    
D.  Materi Pembelajaran   
E.  Model/Metode Pembelajaran 
F.  Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
                  Kegiatan Awal
                  Kegitan Inti
Kegiatan Akhir
                  dst
G.  Sumber Belajar           

H.  Penilaian                     

Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
Instrumen
Instrumen












Search Query:


KKM, Prota, Promes, SKKD, Pemetaan, Penilaian, Tujuan Pembelajaran, Analisis SK KD, RPP Berkarakter, Silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran, rencana pelaksanaan pembelajaran sekolah dasar, rencana pelaksanaan pembelajaran bahasa inggris, pengertian rencana pelaksanaan pembelajaran, rencana pelaksanaan pembelajaran smp, rencana pelaksanaan pembelajaran matematika, contoh rencana pelaksanaan pembelajaran, rencana pelaksanaan pembelajaran biologi, rencana pelaksanaan pembelajaran ekonomi, rencana pelaksanaan pembelajaran tematik, rencana pelaksanaan pembelajaran sma, rencana pelaksanaan pembelajaran smk, rencana pelaksanaan pembelajaran ipa, rencana pelaksanaan pembelajaran terbaru, rencana pelaksanaan pembelajaran rpp, rencana pelaksanaan pembelajaran bahasa arab, rencana pelaksanaan pembelajaran kelas 4, rencana pelaksanaan pembelajaran bahasa indonesia, pengertian rencana pembelajaran, rencana pelaksanaan pembelajaran akuntansi, fungsi rencana pelaksanaan pembelajaran, rencana pelaksanaan pembelajaran 2012, rencana pelaksanaan pembelajaran adalah, rencana pelaksanaan pembelajaran berkarakter, rpp rencana pelaksanaan pembelajaran, rencana pelaksanaan pengajaran, rencana pelaksanaan pembelajaran matematika smprencana pelaksanaan pembelajaran kelas 6, rencana pelaksanaan pembelajaran penjaskes, format rencana pelaksanaan pembelajaran, download rpp matematika, rencana pelaksanaan pembelajaran kelas 5, rencana perangkat pembelajaran, rencana pembelajaran pendidikan, rencana pembelajaran sekolah dasar, contoh rpp terbaru, perangkat pembelajaran fiqih, contoh rencana program pembelajaran, rpp agama islam, fiqih kelas x, rpp kelas 2, rpp terbaru, rpp pendidikan agama islam, contoh rrp, download silabus, rancangan pelaksanaan pembelajaran, rencana pelaksanaan pembelajaran fisika, rencana pelaksanaan pembelajaran pkn, agama islam kelas 10, perangkat pembelajaran matematika, download rpp dan silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran kimia, silabus matematika berkarakter, rpp sekolah dasar, contoh silabus dan rpp, rencana pelaksanaan pembelajaran pai, contoh rencana pembelajaran, perangkat pembelajaran smk, rencana proses pembelajaran, rencana program pembelajaran sekolah dasar, download perangkat pembelajaran, rpp kelas 1, silabus download, rpp download, download rpp smk, contoh silabus matematika, silabus sekolah dasar, pembelajaran download, perangkat pembelajaran mts, rpp kelas 2 semester 2, rencana pembelajaran matematika, matematika kelas x semester 2, perangkat pembelajaran sekolah dasar, rpp smk kelas xi, silabus terbaru, rpp agama islam smk, download rpp terbaru, rpp matematika terbaru, definisi rencana pelaksanaan pembelajaran, kumpulan rpp smk, download silabus dan rpp, kumpulan silabus, perangkat pembelajaran matematika smk, rpp matematika smk download, program semester kelas 2, pendidikan agama islam kelas x, rpp matematika kelas x semester 2, rencana pelaksanaan pembelajaran kewirausahaan, download rpp silabus, rpp olah raga, semester 2, rpp program, agama islam kelas xi, contoh rpp olahraga, kelas 2, download silabus rpp, agama islam kelas x semester 2, program semester sekolah dasar, program semester kelas 1,
×

© KTSP SMART SYSTEM. All rights reserved.

Designed by Way2themes